solusi tips dan trik

Home » » SUPER KOMPUTER

SUPER KOMPUTER

Written By Unknown on Friday, June 28, 2013 | Friday, June 28, 2013

        Super Komputer, yah itulah namanya, komputer yang sangat cepat ini sudah banyak di pergunakan oleh banyak negara untuk keperluan banyak hal. bagi anda yang ingin mengetahui informasi-informasi dari super komputer ini, mari kita simak dari artikel saya ini....


super komputer, itu apa ya?
        
               ya, super komputer terlihat dari namanya bahwa ini adalah jenis komputer tercepat, beda ya sama komputer  kita dirumah haha. Superkomputer itu harganya sangat mahal dan digunakan untuk aplikasi khusus yang memerlukan sejumlah besar perhitungan matematis. contohnya, peramalan cuaca itu bisa menggunakan superkomputer. Kegunaan lain dari superkomputer adalah termasuk animasi grafis, perhitungan fluida dinamis, penelitian energi nuklir, dan eksplorasi minyak bumi. nah makannya banyak negara menggunakan super komputer ini untuk pendidikan.
         
         Perbedaan utama antara superkomputer dan mainframe adalah bahwa saluran superkomputer semua kekuatannya/channel dalam menjalankan beberapa program dilakukan secepat mungkin, sedangkan mainframe menggunakan kekuatannya/channelnya untuk menjalankan banyak program secara bersamaan.
         
                 kecepatan dari super komputer itu sendiri dapat dhitung dari Peta Flops atau sama dengan kecepatan 1000 triliun floating proses/detik, wow keren kan bro. eh siapa yang masih belum paham tentang Peta Flosps ni? nih saya jelaskan  Petaflop maksudnya jumlah operasi yang bisa dilakukan, tidak sama dengan kb/s atau gb/s.
1 petaflop = 10^15 (1.000.000.000.000.000) flops. Jadi Tianhe-2 bisa melakukan 33,68 x 10 pangkat 15 operasi/detik. nah loh berapa tuh? haha itung ya pake kalkulator scientific jangan yang buat emak2 diwarung haha
nah Kalau prosesor intel i7 kira-kita 7 GFlop= 7x10^ 9. Jadi Tianhe-2 lebih cepat hampir 5 juta kali dari komputer berprosesor intel i7, mengagumkan. oh iya tanda ^ itu pangkat ya bro.
        
                  Nah berikut saya akan berikan contoh dari super kpomputer :) tapi contoh yang saya berikan ini adalah super komputer tercepat di dunia haha
ayo tebak negara mana yang punya? Amerika? bukan bro, sekarang super tercepat didunia itu ada di negara Asia hehe Jepang ya? bukan juga bro, tapi negara tirai bambu atau China bro, ya Cina memiliki superkomputer tercepat di dunia yang ia berinama TIANHE-2
(National University of Defense Technology, China), ya ini adalah adek dari jenis TIANHE pertama yang dimiliki china, super komputer ini mengalahkan pabrikan Amerika yang dulu di pegang okeh Amerika, ya super komputer itu adalah Titan (Oak Ridge National Laboratory, AS). Namun sekarang sudah ber geser ke TIANHE-2, yang hampir dikatan adalah 2x kemampuan dari Titan, namun daya yang dibutuhkan oleh Tianhe-2 sangatlah besar.
          

 Nah langsung nih kita simak TIANHE-2 ini hehehe jengg-jenggg...

                Tianhe-2, sebuah superkomputer yang dibuat oleh Universitas Teknologi Pertahanan Nasional China, mengklaim dapat memproses dengan performa 33,68 petaflops/detik.
Dengan begitu maka superkomputer Amerika Serikat, Titan, yang mencapai kecepatan 17,59 petaflops/detik turun ke posisi dua.
Dari sepuluh komputer tercepat di dunia, lima di antaranya dibuat di Amerika Serikat, dua di Cina, dua di Jerman dan satu di Jepang.
          
           Meski demikian, Amerika Serikat tetap mendominasi daftar 500 superkomputer tercepat dunia. Sebanyak 252 unit komputer berasal dari AS, Eropa sebanyak 112 komputer, sementara Asia punya 119 komputer.
              Perangkat yang merupakan seri penerus dari Tianhe-1A, Tianhe-2 menggunakan prosesor Intel Xeon arsitektur Ivy Bridge dan Intel Xeon Phi dengan total 3,12 juta inti (core). Komputer ini menghabiskan daya 17,808 kilowatts dan secara teori mampu menyentuh kecepatan 54,9 petaflop.


HMMM LUAR BIASA bukan, siapa yang mau beli buat bikin warnet 
? hahaha

kita simak teknologi2 yang lainnya ya, terimakasih atas kunjungannya :))
Share this article :

0 komentar:

Search This Blog

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

About Me

 
Support : My website | Refferal clixsense | Home
Copyright © 2013. informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger